Salah Paham Ber-Swapping?? Wolesss ajaa…

Misunderstanding dalam ber-postcrossing itu sering banget kejadian ya. Apalagi kalau tingkat swapping kamu dalam kondisi tinggi. Swapping apaan sih? Jadi, selain kirim-terima kartu pos lewat official resmi, kita bisa kirim-terima lewat pertukaran pribadi. Bahasa kerennya swapping. Tidak tahu juga kenapa istilahnya swapping, bukan barter. Memangnya bisa? Bisaaaa!!! Bisa bangeeet!!! Lewat mana? Ya terserah, mau lewat jalan tol apa lewat jalan biasa juga bisa tapi macet apalagi pas jam pulang kantor *lah (‘_______’). Becandaaaa๐Ÿ˜€. Kita bisa swapping lewat official resmi dengan mengirimkan pesan pribadi ke orang yang jadi target. Dengan catatannnnn, si target mencantumkan “Yes” untuk swap-swap-an di profil mereka. Cara ini cenderung ribet. Terbukti saya belum sukses disini. Lirik pasrah ke mas-mas India cakep yang punya kartu pos otentik ala National Geographic yang keren-keren (~__~)!. Cara yang paling mudah dan terbukti sukses diantaranya lewat grup Postcrossing di Facebook yang jumlahnya lumayan banyak atau lewat Instagram. Tingal kirim private atau direct message ke mereka, nega-nego, kirim, terima, beres!!!

Nah, problem baru muncul kalau kita tidak rajin mencatat dengan siapa kita swapping. Kapan kirimnya. Kemana tujuannya. Dan gambar kartu pos yang kita tawarkan atau minta. Awalnya rajin dicatat. Lantas kemudian akhirnya……saya puyeng sendiri. Ini sudah dikirim belum sih. Kayaknya udah. Tapi kalau udah kok ga ada kabar beritanya. Sudah ditanya tapi bilangnya belum nyampe. Padahal sudah lewat sebulan. Yang berujung saya kirim lagi karena ga enak sama partner apalagi kalau saya sudah terima kartu dari mereka. Dannnn…ternyata itu cuman salah paham karena mereka lupa atau saya-nya yang o’on๐Ÿ˜€. Selain emang tuh kartu pos nyasar entah kemana.

Beberapa waktu lalu swap via IG dengan postcrosser asal Dubai. Saya terima kartu pos duluan. Cek-cek, ternyata dia belum terima kartu dari saya. Ok, baiklah kirim lagi dan ngabarin. Dia bilang “It’s ok, don’t worry”. Sehari kemudian, dia ngabarin “Jeung…maaaffffff…ternyata kartunya udah ketrima kemarin-kemarin. Ni ga ada id IG dan aku lupa kemarin minta kartu apa…huehue….maaf yaaa”. Bagussssss. Nyesel ga kirim lagi?? GAAA!!! Hahaha….songong banget yak!!๐Ÿ˜€. Karena misinya mau sharing, jadi ga nyesel kirim lagi atau kirim postcard gift. Dan kebaikan hati saya…tsaaahhh…dibalas dengan kartu pos cantik beraroma wangi…hmmmm.

Cakep ya masjidnya :)? NGGAAA??? Iya juga sih, ga keliahatan bentuknya gimana, ketutupan gerbang :D

Cakep ya masjidnya :)? NGGAAA??? Iya juga sih, ga keliahatan bentuknya gimana, ketutupan gerbang๐Ÿ˜€

Iniย Sheikh Zayed Grand Mosque yang emang GRAND-nya parah banget. Menurut Wikipedia, SZGM ini nomor 14 masjid terbesar dilihat dari jumlah kapasitas dan luasnya. Bisa nampung 40.000 lebih jamaah!! Yaaa…masih kalah dengan Masjid Istiqlal (120.000 jamaah) dan Masjid Agung Surabaya (59.000 jamaah)๐Ÿ˜€. Ah…ternyata Dubai ga lebay-lebay amat yak๐Ÿ˜€. Berapa luas, siapa arsiteknya, dan info-info sejenis langsung aja gugling atau meluncur ke website resmi SZGM. Ummm….di websitenya ada informasi tur juga. Boleh nih kapan-kapan *halah๐Ÿ˜€.

Kata Khawla, pengirim yang baik hati, luarnya sih biasa-biasa aja. Agak mirip masjid Badsahi di Pakistan…eerrr….sepertinya punya kartu pos ini deh. Tapi dalamnya doonnggg….mwewwaaahhhhhh!!! Bertaburan kristal swarovski. Yang paling menarik dan mungkin belum ada di masjid lain, masjid ini dilengkapi dengan tata pencahayaan yang mengikuti fase bulan. Jadi, ada cahaya khusus yang diproyeksikan ke dinding masjid sehingga mendapatkan cahaya terang dan gelap sesuai fase bulan. Kebayang kan gimana kalau pas bulan purnama, pasti cantik banget๐Ÿ™‚. Kalau masuk ke web resmi mereka, langsung kelihatan lightning mengikuti fase bulan ini.

Anyway, thank you very much Khawla (@k4kookiez) for the beautiful postcard. Sometimes, we need misunderstanding to be closer๐Ÿ˜‰.

Kalau mau lihat cantiknya SZGM, lihat deh disini.…atau datang langsung dan ajak-ajak yaa…mhaahahaha

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s