Heureka!!! I’ve Found It!!!

“Heureka!!! Heureka!!!”, teriak Archimedes sambil lari-lari jejingkrakan. Padahal dia basah kuyup baru aja keluar dari bak mandi.Ga nyadar apa dia bikin becek lantai. Kan capek eikeh ngepelnya๐Ÿ˜€. Mana telanjang lagi…eughh (*.*)

Yup, Heureka!! atau dalam bahasa Inggris Eureka!! (katanya) pertama kali diucapkan sama Archimedes. Setelah berhari-hari puyeng tujuh keliling belum menemukan cara untuk membuktikan mahkotaย King Hieron II of Syracus murni terbuat dari emas atau dioplos sama perak. Archimedes ketemu jawabannya secara tidak sengaja sewaktu berendam di bak mandi dan melihat air yang tumpah. Langsung sadar tuh,ย Archimedes percaya berat (massa jenis) emas dan perak pasti berbeda. Jadi,ย dia menampung tumpahan air setelah mencemplungkan emas, perak, dan mahkota. Tentunya bergantian dengan volume air yang sama. Kemudian dibandingkan. Dan ternyata…bahan pembuat mahkota itu oplosan.ย You’re cheating jeweller!!!. Sepakat deh, kamar mandi tuh memang tempat terhandal untuk mencari inspirasi dan jawaban….hahaha.

Nah, Heureka ini dalam bahasa suomi (Finland) dan dijadikan nama pusat sains. Heureka-The Finnish Science Center. Tujuannya supaya anak-anak tertarik belajar sains dengan metode pembelajaran yang menyenangkan. Mungkin mirip-mirip dengan yang di TMII dan Taman Pintar.ย Kenapa bisa tahu sih? Karena Marjo mengirimkan saya kartu pos bergambar Heureka ini๐Ÿ˜€.

#31 From Marjo, Finland

 

Marjo ini baru 15 tahun. Mungkin pernah main ke Heureka trus kepikiran “Beli kartu pos ahhhh buat dikirim ke mba-mba cantik di Indonesia”…hihihi. Siapa tahu si mba jadi semangat meneliti dan menulis seperti Archimedes๐Ÿ˜€.

2014-04-02 08.27.15

Thanks Marjo for this lovely postcard. I love it, especially the stamp. Isn’t it so unique??๐Ÿ˜€

6 thoughts on “Heureka!!! I’ve Found It!!!

  1. Dewi

    hahaha tak kira si Masha yang teriak horraaa horra!! kalo berhasil gangguin si beruang …๐Ÿ˜›
    eh ternyata si archimedes,, ๐Ÿ˜†

    Reply
  2. Felicity

    Ina, sekarang tiap jalan2x saya pasti inget kamu yang koleksi postcard (jiyahhhh….. kayak orang pacaran pake inget2x segala :D)…. kemaren waktu ke Stockholm udah beli postcard tapi nggak sempet kirim via post, tiap lewat kios kecil bawaannya pengen nyari perangko aja….. Kalo saya kirim postcard kosong dari Oslo gimana?…. Apa maunya postcard yang ada perangkonya juga?…. dirimu koleksi perangko nggak?

    Reply
    1. mebigina Post author

      Waaa…senangnyaaa diinget-inget…qiqiqi, tambah seneng mau dikirim postcard…yeayyy๐Ÿ˜€. Prangko di postcard ga pernah ina lepasin, sayang๐Ÿ˜€. Terserah Feli mau dikirimin yang mana, pokoknya udah seneng aja๐Ÿ˜€. Makasi yaaaa…sehat-sehat terus yaa

      Reply
      1. Felicity

        Sipp….. sip…. ditunggu aja ya…. nanti saya kabari kalo udah pasti dikirim๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s