Holy Journey: Dilematis

Dilematis itu

Ketika hari masih terang. Jalan kaki atau pun naik angkot masih bisa sampai rumah sebelum kumandang adzan. Tidak seperti selain bulan Ramadhan. Sampai rumah telah lewat petang. Lebih baik pakai jasamu daripada dibawa lari penyamun jalanan. Tapi hari ini masih sempurna padang jinggrang.ย Pendapatan pun sungkan merapat. Dari Ramadhan sampai lebaran. Besar pasak dari pada tiang. Dari kolak sampai martabak. Dari takjilan sampai jaburan.

Hari itu berencana tak menggunakan jasamu. Beragam taktik sudah ku siapkan. Sayang beribu sayang. Rem dan kopling tak bisa diajak bersengkongkol. Bis tak mau berhenti ditempat yang ku mau. Malah berhenti persisi di mukamu. Aku curiga, supir ada main denganmu. Iya kan?? Sepuluh ribu kembali melayang. Hari kemarin aku kembali berencana. Turun 200 m sebelum tempat perhentian. Tapi langit dan bumi sepakat bersekutu denganmu. Bumi menahan gerakan roda. Padat merayap sore itu. Dan langit menggerakan senja lebih cepat. Sampai telah lewat petang. Dua kali sepuluh ribu. Lima kali sepuluh ribu. Sebulan kali sepuluh ribu. Sampai rumah aku pusing. Kalkulatorku rusak.

Hari ini rencana ku berjalan mulus. Sempurna. Berhenti jauh darimu. Aku dengar tanganmu menepuk. Kamu menepuk karena tak tahu namaku kan??? Seperti aku tak tahu namamu. Aku cuek. Senyum riang karena sepuluh ribu tak kembali melayang. Tapi kau tak jua beranjak. Masih berdiri di muka kendaraanmu. Ketika ku berlalu. Terlihat senyum getir di wajahmu. Seakan mengabarkan,ย le, baju rerayamu tahun ini ga ada lagi. ra popo tho le??

Duh Gusti, paringono rejeki ingkang jembar lan halal,

……

Saya lebih suka memberi kepada penjaja jasa di jalan dari pada pengemis. Walau mereka sama-sama di jalan. Adakalanya terselip tips lebih untuk mereka. Di luar tarif yang semestinya. Anggap sedekah. Kehidupan mereka juga layak diringankan dengan sedekah. Tapi, bersedekah di saat sempit susah juga ya. Tidak semudah di saat lapang๐Ÿ˜ฆ. Meski kalkulator kita beda dengan kalkulator Yang Kasih Rejeki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s