Temple Hop

Berjodoh itu kalau….pingin jalan-jalan tapi agak malas karena ga ada teman jalan, tiba-tiba ketemu teman jalan yang seide, mau capek, mau jalan kaki, ga ngeluh. Ahhh….klik banget๐Ÿ˜€.

Minggu lalu saya dikirim kantor ikutan workshop yang saya superblank di ruangan. Topiknya bagus, favorit saya jaman kuliah bahkan jadi basis riset tugas akhir. Berhubung teknis banget yang dibahas, pesertanya banyakan operator/teknisi, dan saya lama tidak bersentuhan lagi…jadinya plonga plongo aja. Untungnya Tuhan menyelamatkan saya *ga kabur pas acara…hahaha*. Ketemu teman yang sudah 5 tahun ga ketemu, sekaligus tiga!! Senangnyaaaaa… *peluk ira, peluk nayla, tujes unggul…qiqiqi* Dan berkat mereka, saya jadi paham apa yang dibicarakan. Dan berkat mereka pula, saya jadi ada teman jalan….yeayyyy๐Ÿ˜€.

Karena Ira belum pernah ke Yogya dan ngidam Borobudur serta candi-candi lainnya. Saya sudah lamaaaaaa tidak ke Borobudur *terakhir SD…qiqi* dan pingin balik kesana lagi. Akhirnya ke sepakat temple hop by public transport…qiqiqi. ย Capek. Tapi Asyik. Lecet-lecet. Tapi seru. Kelaparan. Tapi takjub…hahaha

So..here are the temples๐Ÿ™‚

Candi Mendut danย Vihara Graha Vipassana Avalokitesvara

Yup, ini candi pertama yang kita datangi. Lokasinya kira-kira 2 km sebelum Borobudur. ย candi ini juga termasuk candi Budha. Saya tidak terlalu paham perbedaan candi Budha dan Hindu. Patokan saya cuman, kalau candi Budha bentuknyaย mblenuk-mblenuk apa yaa…gendut-gendut dan melebar. Kalau candi Hindu bentuknya ramping dan menjulang seperti pura. Candi Mendut sendiri dibangun di jaman dinasti Syailendra dan baru ditemukan tahun 1836. Candi Mendut menjadi tempat yang sakral dan hadirdDalam upacara ibadah umat Budha. Seperti saat Waisak kemarin. Karenanya di dekat candi ada Vihara. Sempat masuk ke sana tapi tidak sampai ke pelataran dalam. Tidak enak mengganggu meditasi para bikhu dan bikhuni.

Candi Mendut dan beberapa sisa reruntuhan

Candi Mendut dan beberapa sisa reruntuhan

Tampak depan, abaikan penampakan mereka-mereka ya :D

Tampak depan, abaikan penampakan mereka-mereka ya๐Ÿ˜€

Salah satu relief, tidak tahu maksudnya apa, tapi suka lihat posisi Budha seperti itu :)

Salah satu relief, tidak tahu maksudnya apa, tapi suka lihat posisi Budha seperti itu๐Ÿ™‚

Patung Budha tidur di pelataran vihara. Di dalamnya ada ptung lain, katanya hibah dari kerajaan Thailand

Patung Budha tidur di pelataran vihara. Di dalamnya ada ptung lain, katanya hibah dari kerajaan Thailand

Candi Pawon

Belum pernah dengar Candi Pawon kann?? Hehe…sama dong. Mayoritas visitor hanya tahu Candi Mendut dan Candi Borobudur. Padahal ada trio candi yang mungkin di masa dulu saling terhubung. Lokasinya nyempil di pemukiman penduduk. Ukurannya tidak terlalu besar tapi sudah tercatat di Unicef bersama kedua candi lainnya. Kata Pawon berasal dari kata Pe-Awu-An atau tempat menaruh abu jenazah. Di masa dulu dijadikan tempat menaruh abu. Tapi saya tidak tahu di sebelah mana abu ditaruh karena di dalam candi lompong aja, tidak ada tempat khusus.

Candi Pawon, imut-imut candinya :)

Candi Pawon, imut-imut candinya๐Ÿ™‚

Candi Borobudur

Ini rajanya candi-candi๐Ÿ˜€. Besar dan luasss. Saya membayangkan jalan ke candi jauh banget. Belum lagi mendaki tangga ke puncak, stupa teratas. Pasti capek. Ternyata ga tuh. Tidak tahu apakah karena ada perubahan jalur visitor atau karena datang pas sudah gede, bukan anak-anak lagi…hehehe. Selalu takjub lihat candi Borobudur. Membayangkan datang kesini sebelum pagi sempurna. Tidak melakukan apa pun, cuman duduk lihat perbukitan. Ahhh….rasanya pasti damaiiiii banget๐Ÿ™‚

Dulu waktu kecil, saya suka masuk-masukin tangan ke dalam stupa untuk memegang tangan Budha. Katanya abang saya, kalau bisa menyentuh berarti cita-citanya terkabul…hahaha. Bodoh banget deh. Sekarang saya lihat, tangan Budha di dalam stupa mayoritas sudah tidak ada. Sudah patah-patah. Apa karena banyak yang masuk-masukin tangan seperti saya *jaman kecil* ya. Sedih lihatnya.

Borobudur....the great one :)

Borobudur….the great one๐Ÿ™‚

Rasanya damaiiiii banget....

Rasanya damaiiiii banget….

Salah satu relief yang tidak tahu artinya apa :(

Salah satu relief yang tidak tahu artinya apa๐Ÿ˜ฆ

Candi Prambanan

Candi terakhir, tapi langsung 1000 candi…hahaha. Yang masih utuh sekitar 6 candi, satu diantaranya terpisah lokasinya. Namanya candi Sewu, masih di kompleks candi Prambanan tapi berjarak kurang lebih 300 m dari kompleks candi utama. Jadi ada 5 candi di kompleks utama, yang terbesar adalah candi Siwa. Kalau 4 candi di sekitarnya hanya berisi 1 arca. Sedangkan candi Siwa berisi 4 arca di tiap sisinya, arca Siwa, Ganesha, satu lagi lupa, dan pastinya Durga atau Roro Jonggrang. Sungguh saya baru tahu kalau arca Durga berdiri di atas sapi setelah lihat hasil jepretan๐Ÿ˜›. Setelah gempa tahun 2006 kemarin, ada bagian-bagian candi yang rusak, runtuh, dan mungkin kurang stabil. Jadi untuk memasuki candi Siwa harus antri (dibatasi maksimal 15 orang) dan harus pakai helm. Kelihatan retakan-retakan di dinding canding yang direkatkan dengan bahan khusus. Disini juga ada museumnya. Dan saya baru tahu ternyata candi-candi ini tidak ditemukan utuh. Nyaris runtuh….tuh..tuh. Besar kemungkinan arsitektur yang ada sekarang bikinan manusia jaman pasca penemuan. Bentuk aslinya tidak terlihat. Yang menarik di candi ini reliefnya. Saya melihat relief didominasi hewan seperti kancil, sapi, garuda, dara, merak, monyet, dan lainnya. Maksudnya apa…hehehe…tidak tahu.ย Dibandingkan kawasan wisata candi Borobudur, saya melihat kawasan wisata Prambanan lebih tertata dan rapi. Petugas lebih ramah dan banyak tour guide-nya. Lebih nyaman disini๐Ÿ˜€.

Prambanan....anggun :)

Prambanan….anggun๐Ÿ™‚

Candi Siwa, dilihat dari candi....mmmm...apa ya...hahaha, payah ah

Candi mmm…apa ya…hehe …dilihat dari candi Siwa

The beautiful and mistify  of Durga (Rara Djonggrang)

The beautiful and mistify of Durga (Rara Djonggrang)

Yeaayyy…..itu hasil temple hop kita. Makin asyik karena ditemeni si kuning cerewet dan teman ketemu di jalan…Aniiii… Makasi Ani, jadi bisa sharing anggaran jalan-jalan ni…qiqiqi..

Temen jalan ajaib kita...dan sukses bikin anak SD ngeliatin...hahaha

Temen jalan ajaib kita…dan sukses bikin anak SD ngeliatin…hahaha

 

6 thoughts on “Temple Hop

  1. Idah Ceris

    Walaah, sejak saya punya Blog, saya belum pernah main ke candi pram dan borobudur lagi.

    Pingin ke Viharanya. Pingin tahu, mksudnya patung tidur itu melambangkan apa? Pasti ada sejarahnya, ya?

    Reply
    1. mebigina Post author

      ga ngerti juga maksudnya patung budha tidurnya…di dalam vihara ada lebih banyak patung budha, bahkan ada yg raksasa…yuk kemari, cari tahu…:D

      Reply
  2. 'Ne

    waah makin bikin mupeng ini mah..
    udah lama juga ngidam ke Borobudur sama Mendut, kalau Prambanan udah tahun lalu.. tapi kalau Borobudur terakhir juga pas SD:mrgreen:

    Reply

Leave a Reply

