Pramekers: From Train to Bus

Yeaaayyyy……alhamdulillahhh… Setelah sebulan tarik-ulur, maju-mundur, bolak-balik ngumpulin data anggota. Akhirnya bis Pramekers jalan juga. Yipiiieeeeee….

Sempat iri sama temen-temen Pramekers Jogja-Solo, sudah bisa naik bis rombongan. Naik bis Damri yang kayaknya nyamannnnn bangetttt. Bisa masuk kota. Dua kali trayek lagi. Ihhh….bikin mupeng aja. Lha kok Pramekers Solo-Jogja masih belum jalan juga…hiks hiks… Sebagian masih bertahan dengan Jeung Sriwedari yang jual mahal ituhย *gemesss…gigit gigit roda kereta* Sebagian bertahan dengan bis umum yang tentunya jalan sendiri-sendiri. Kebersamaannn… mana kebersamaan??? Manaa??? Sempat putus asa juga, bisa kompak ga yah kita *liatin ujan…setel lagu kemesraan*

Saya yang ga ikutan riwueh ngurusin ini itu aja udah kendor semangatnya. Apalagi yang ngurusin yaaa. Alhamdulillah temen-temen yang sudah mau sukarela ngurusin tetap semangat. Tetap menghubungi satu-satu. Lobi sana sini. Pasang muka badak. Pokoknya bis Pramekers harus jalan!!!! Hebat banget deh mereka. Dan usaha mereka berhasil dooonnnggg….Yeayyyy. Ya belum 100% bisa jalan sesuai rencana, tapi ini udah lebih dari menyenangkan. Makasi buat mba hera, mba ulfa, bu susi yang udah mau repot repot *ketjup satu satu*. Eh, perempuan semua ya. Emang wanita wanita hebattt. Dan inilah bis kitaaaa๐Ÿ˜€

Bis kitaaaa....nyamannnnn

Bis kitaaaa….nyamannnnn

Bisnya kecil. Model bis kota yang isinya 25, kalau ga salah hitung yaa. Interior dalamnya nyaman. Kursi empuk. Lumayan lega, apalagi kalo di belakang supir. Bisa selonjoraann. Ni kursi ga ada yang mau nempatin. Kecuali saya tentunya…hihihi… Mungkin serem ya liat bisnya manuver, salip sana sini. Full music juga, koleksi lagunya pak supir kumplit plit. ACnya duingiinn banget, lebih sering ditutup jadinya. Kalau sore ada camilan buat ganjel perut yang suka cerewet. Mana tiap sore hujan terus, jadi makin kenceng cerewetnya nih perut. Bawaannya laperrr…

Di dalam....super dinginnnn

Di dalam….super dinginnnn

 

the-fat-guy-with-no-money  on the bus....now u have big smile...qiqiqi

the-fat-guy-with-no-money on the bus….now u have big smile…qiqiqi

 

Sayangnya masa uji coba yang 3 hari bakal habis hari ini. Untuk sementara balik ke moda transportasi masing-masing. Mudah-mudahan Januari bisa jalan lagi. Dan makin rameee… AMIIIINNNNNNN. Iya, ini masih uji coba. Kira-kira menghabiskan waktu berapa jam untuk berangkat dan pulang. Rute yang paling cepet, ga macet lewat mana. Itu yah Jogja, jam berangkat dan pulang kantor kok ya padat dimana-mana…fuiiihhh. Untuk jalan dari Lempuyangan sampai fly-over Janti butuh waktu 30 menit.

Selama masa uji coba penuh ga? Ya ga penuh, setengahnya aja. Lha, jadi mahal dong ya tarifnya?? GAAAA…. Alhamdulillah ada donatur yang baeeekk banget. Ada Pak Bowo dan Pak Harjo yang mau menyumbang lebih. Mereka ini sesepuhnya Pramex. Hebat deh bapak-bapak ini. Secara materi kurang apa coba ya. Buat naik Sriwedari mah kecillll. Tapi mereka mau lho berpartisipasi LEBIH untuk komunitas. Padahal sorenya mereka ga ikutan pulang bareng. Luar biasa. Makasi ya paaakkkk… Malu deh sama bapak-bapak ini. Perhatian mereka sama Pramex ini ngalahin kita yang muda-muda.
Our Mission

Jadi, boyongan ke bis rombongan ini bukan semata-mata cari moda yang lebih murah. Ga yaaa… Nilai yang kita keluarkan memang lebih kecil tapi risiko perjalanan sebandinglah. Waktu tempuh jadi lebih lama dibanding naik kereta. Misi kita ini sebaga bentuk protes sama KAI Daops 6 yang belum bisa menyediakan transportasi massal yang murah, jumlah trayek lebih banyak, dan tepat waktu. Terutama tarif yang sangat-sangat mahal. Meski pihak KAI berdalih kereta pake AC jadinya lebih mahal. Dilihat dari sisi mana pun, kebijakan KAI Daops 6 saat ini tidak berpihak ke masyarakat. Saya pernah curcol disini juga ya.

Nah, aksi kita ini ga bakal sukses kalau tidak dapat dukungan dari pengguna Prameks sendiri. Terutama yang komuter. Memang sih, kita akan lebih capek, kita akan berangkat lebih pagi pulang lebih malam, risiko telat sampai kantor, dan banyak pengorbanan lainnya. Tapi itu harga yang harus kita bayar supaya misi kita berhasil.ย Saya suka gemes kalau dengar sebagian mengatakanย “ah, nyampenya bareng ama Sriwedari, kirain lebih cepet”.ย ย Hallowwwww…..tujuan kita bukan ituuu… Dikira naik bis bisa satu jam apah?? Dikira Jogja ga padat apah??? Dikira hujan ga memperlambat kecepatan apah?? *jadi esmosi…sabar sabarrrr*. ย Jika belum bisa bersatu, cobalah untuk sedikit berempati.ย Tunjukkan kalau kita peduli. Tunjukkan kalau kita bisa. Tunjukkan kalau kita satu! Solid! Kompak!!! Solidaritas kita bukan masa lalu yang sering saya dengar dari teman-teman komuter. Tapi masih ada hingga saat ini. Saat dimana kita benar-benar harus menunujukkannya. Saat ini !!!ย ย Semoga pengorbanan kita, usaha kita, membuahkan hasil. Pramex tertjintahh kembali beroperasi seperti sedia kala. Tolong dukung ya temansssย *big huge for all of you*

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s