Another Trip to Beach: Pantai Gesing

Jalan-jalan tanpa rencana. Tidak tahu jalan. Tidak punya ekspektasi apa pun. Ngikut aja sama tuan rumah. Dan begitu sampai tujuan melihat yang wowww…. Itu sesuatu banget๐Ÿ˜€.

Jadi ceritanya penghuni kantor diundang syukuran nikahan salah satu pegawai honorer. Yang mana acara syukuran itu tentunya memang dinanti-nanti. Makan gratis sudah pasti dong ya. Tapi kalau acaranya di desa yang sangat melipir di puncak bukit itu lain ceritanya. Dari kantor saya sudah membayangkan suguhan masakan ndeso plus teh panas manis kenthelll *ampun dah, belum nyumbang udah mikir makan…qiqiqi*. Sungguh saya suka itu. Dan alhamdulillah ya yang punya hajat pengertian banget. Jauh-jauh dari Yogya ke Kecamatan Panggang, Gunung Kidul langsung disuguhi Gathot, tape ketan, mbili, emping, sayur lombok ijo, mie lethek, ga lupa teh panas….nyammmm….yummeahhh…. Beneran enak. Lewat deh tuh menu-menu wedding di gedung-gedung…qiqiqiqi… Selesai makan dan ludes semua suguhan, pada masih ogah-ogahan pulang. Kapan lagi bisa ngumpul semua teman-teman kantor. jadi diputuskanlan untuk jalan-jalan sebentar. Pilihan pertama ke pantai Indrayati, tapi jauuuuuuuhhhh. Akhirnya tuan rumah ngusulin ke Pantai Gesing.

Pantai Gesing?? Saya belum pernah denger!

Tapi yang namanya pantai. Saya sungguh cintaaa… Langsung menyala-nyala matanya kalau dengar kata pantai. Beachlovers banget๐Ÿ˜€.

Pantai Gesing ini masih di Gunung Kidul. Di daerah Girikarto. Kalau ditarik dari Yogya kira-kira perjalanannya kurang lebih 1,5 jam. Ga jauh ya. Lewatnya dari Imogiri. Terus naik ke Pandak. Habis itu ga tahu lagi kemana…hehehe… Penumpang yang baik cukup menikmati perjalanan saja. Ga usah bawel daripada diturunin. Sepanjang jalan pemandangannya bagus. Jalannya juga bagus. Hanya tidak terlalu lebar. Naik turun. Banyak tanjakan. Tapi pemandangan sepanjang jalan itu…..manissssss…. Deretan pohon jati. Kebetulan pas lewat lagi gugur. Batu-batu gamping. Ada bekas bangunan lama juga, mirip benteng di pinggir jalan. Cakep buat poto-poto wedding….๐Ÿ˜€. Begitu masuk ke jalan menuju pantai, kanan kirinya swah dan kebun aja tuh. Jalannya kecil. Saya sempat khawatir juga, ni jalan bener ga sih. Kok dari tadi tidak kelihatan tanda-tanda ada pantai. Sawah melulu yang isinya batu-batu aja. Gunung Kidul ini kenapa isinya batu semua ya. Alhamdulillah ga lama lihat deretan pohon kelapa…waaaa pertanda ni. Aromanya juga udah aroma laut….segerrrrr….. Pas belokan, whaaaaa….langsung biruuuuu….. Ternyata kita di atas bukit. Jadi kalau ke pantainya harus turun bukit dulu. Cakep deh dari atas

Penampakannya seperti Uluwatu. Jadi Pantai Gesing ini menjorok ke dalam cekungan bukit batu. Mungkin jaman duluuuuuu bukan pantai, tapi bukit batu. Karena kena ombak terus menerus akhirnya terkikis jadilah cekungan. Hehehe…analisis bego-bego an nih. Menurut saya sih bener *teteuuuppp* Soalnya tekstur pasirnya besar dan tidak lengket seperti di pasir Pantai Parangtritis. Seperti pecahan batu kecil-kecil. Begitu di injak, kaki langsung ndelesp…tenggelam …tapi ga meninggalkan bekas pasir. Kanan kirinya bukit karang batu. Ombaknya ga tinggi. Cocok buat berenang, tapi sampai jarak tertentu saja.

pasirnyaaaa…..penuh kerang dan koral….sukaaaaa

Pantai Gesing ini sebenarnya pantai nelayan. Banyak perahu-perahu nelayan dan pelelangan ikan. Saya rekomendasikan kalau kesini jalan-jalan di pinggir pantai ya. Jangan ke pelelangan ikan, bau amis soalnya. Karena bukan obyek wisata juga, jadinya agak kurang keurus ya. Buktinya ga ada pos retribusi seperti pantai-pantai pada umumnya. Masuk gratis. Keluar gratis. Ga di pungut biaya parkir juga. Di sisi kiri pantai, bagian bawah bukit sudah terkikis yang bisa kita jelajahi sampai ย ke tiang penanda tinggi gelombang. Sayangnya kemarin tidak sempat melihat dari atas bukit. Ternyata di sebelah pantai gesing juga ada pantai lain yang ga tahu apa namanya. Mana pas lagi mendung…baru sebentar udah rintik-rintik. Itu air ujan…rasanya kok asin yaa…qiqiqiqi. Ga lupa kebiasaan setiap ke pantai…mungutin kerang, batu, patahan coral. Kurang pasirnya๐Ÿ˜ฆ

Oya, ini poto-poto diambil pake kamera henpun trus di edit pakai aplikasi Fotor di Android.

2 thoughts on “Another Trip to Beach: Pantai Gesing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s