CropMom ~~ Digital Scrapbook

Dah lama pingin buat scrapbook. Foto-foto pricils pingin di-scrapbook-in trus dipajang biar eyang-eyang nya pada seneng. Bisa sih dicetak trus dipigurain, tapi kan biasa banget. Bosen lihatnya. Kalau discrap, hasilnya lebih imajinatif. Bisa menggambarkan karakter yang difoto atau menguatkan kesan foto itu sendiri. Sempat lihat hasil jadi scrapbook di web, aduuuuuhh…..bagus-bagussss…makin mupeng. Di solo belum ada yang jual scrabook tool kit. Jadi kalau mau buat harus siapin bahan-bahan sendiri dan harus kreatif padu-padankan. Susah cari aplikasi yang sesuai dengan tema. Entah kain, button, stiker, daun-daun, pensil warna, atau pelbagai hasil guntingan di majalah. Perlu waktu khusus buat cari-cari pernak pernik yang cocok. Dan itu, bikin malessssss….hehehehe…maunya yang praktis-praktis.

Sebenarnya pakai guntingan kertas kado atau kertas origami bisa. Sekarang kan ada kertas origami yang bermotif. Atau kertas asturo. Tapi bahannya tipis, hasilnya kurang bagus. Jadi ingat pas jaman smp-sma. Suka ย buat gunting-tempel kertas jadi tema sesuatu untuk kartu ucapan dan pembatas buku. Sempat dijualin juga lho…hehehe… Ga balik modal tentunya, tapi seneng hasil karya kita dipakai orang lain๐Ÿ˜€

Pas ke bandung kemarin, sempat ke Cascade Heritage di Jalan Riau. Awalnya cuman ikutan teman cari scrapbook tool di My Scrapbook Idea (MSI). Lihat pernak-pernik yang lucu-lucu dan banyak banget jadi tambah mupeng. Tapi kok mahal-mahalll eaaaa kakaaaa…… Satu paper harganya mulai 10ribu, double side ukuran kalau ga salah 20×20 cm. Alias themenya dua sisi. Sisi satuya bagus, sisi satunya lagi suka jelek-jelek. Ada yang paketan, seperti kertas origrami ukuran 12×12 cm. Harganya mulai 57rb. Hiasannya juga banyak, mulai dari tema bunga, fancy, hewan, vintage, train, macam-macam. Tapi ya itu….sungguh meringis dibuatnya. Hasil jadinya bagus-bagus. Sebandinglah dengan harga yang kita keluarkan. Sungguh saya belum sanggup belinya…hehehehe…

Karena saya suka yang praktis dan gratis-gratis. Iseng-iseng gugling cari digital scrapbook. Ada banyak ternyata. Yang paling direkomendasikan itu MyMemoriesSuite. Berbayar, tapi mereka menyediakan versi free trialnya. Untuk menginstalnya, kita perlu bolak balik download data. Berhubung koneksi inet kantor lagi macet, saya skip dulu. Besok aja kalau koneksi sudah normal. Agak-agak sayang nih pakai koneksi pribadi…hehehe…bisa giga-an kapasitasnya. Sungguh pedit saya๐Ÿ˜€.

Untuk mengobati rasa mupeng, akhirnya saya coba digital scrapbook versi online. Saya coba pakai di CropMom. Yang kita butuhkan cuman registrasi, isi data ini itu, verifikasi email, trus login. Gampang kan. Cara pakainya juga gampang.

  1. Pertama, lebih baik ย masuk dulu ke My Photos untuk upload foto yang akan kita kreasikan.
  2. Setelah upload, langsung aja klik bagian “Create New Layout”. Nanti ada pilihan: bikin sendiri/New Layout atau pakai template jadi/Open Template. Kalau saya pilih New Layout
  3. Selanjutnya silahkan berkreasi. Ada 5 menu utama.

Bagian untuk insert text, menghapus, dan membuat bayangan. Caranya tinggal diklik gambar yang mau dihapus atau dikasih bayangan kemudian klik delete/shadow.
Untuk mengatur posisi front/back end juga ada. Cara kerjanya juga sama. Yang paling asyik bagian scrap kit-nya. Posisinya di bagian kanan bawah. Kita bisa pilih aplikasi mulai dari background sampai macam-maca hiasan. Bagus bagus.
Nah..ini hasil coba-coba srapping d’girls. Cakep yaaa… Tapi teteeeeppp…lebih seru bikin yang manual ya๐Ÿ˜€

First pricils on digital scrapbook…..cutenyaaa ponakankuuu๐Ÿ˜€

Second Pricils on digital scrapbook….charming girls๐Ÿ˜€

foto dipost ini adalah hak milik inalicious. dilarang menggunakan tanpa seizin saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s