Wedang Ronde Durian…Nom Nom

Review makanan dulu yaaa…sebelum puasa๐Ÿ˜€.

Pas malam-malam, dingin, enaknya makan yang anget anget ya. Yang anget anget pedesss. Badan jadi anget. Apalagi kalau siangnya habis beraktivitas yang lumayan padat. Makanan yang hangat-pedes ini bisa memulihkan tenaga, pegel pegel hilang, rileks, tidur jadi enak deh. Pilihan makanan-hangat-pedes bisa macam-macam. Mau bikin sendiri bisa indomi rebus-telur-dikcrupin cabe rawit ama tomat. Makannya sambil slurup slurrruuuppp. Atau bakmi jawa godok yang nyemek nyemek. Tinggal lari ke bakmi yang mangkal di Kerten. Enak banget. Porsinya banyak, bisa buat berdua. Mana irisan ayam kampung-rempela ati nya banyak lagi. Nikmat deh.

Kalau malas makan-hangat-pedes malam malam karena takut gemuk, bisa minum yang hangat-pedes. Ada wedang ronde, wedang jahe gepuk, kopi joss, asle. Ga perlu jalan jauh jauh. Tinggal nongkrong di emper rumah ntar tukangnya bakal lewat. Atau melipir sebentar ke warung HIK (kalau di jogja angkringan). Tapi ke warung HIK ini sungguh sangat berbahaya. Apalagi ย HIKnya model sekarang yang mejanya panjang panjang. Banyak jajanan yang menggoda selera. Sate usus, sate kerang, sate ayam, tempura, sosis, kacang kacangan, rupa rupa gorengan, roti bakar, macam macam deh. Jadinya, banyakan jajannya…hehehe…

Tapi kalau mau minuman makanan yang hangat-pedes sekaligus apa dong??

Naaa…kemarin saya sempet nyobain menu unik di Banjarnegara. Bukan dawet ayu lho ya. Banjarnegara tuh kan sepanjang hari hawanya sejuk sejuk adem. Kalau malam dingin dan suka hujan rintik rintik. Tidak terlalu banyak tempat menarik untuk didatangi. Lebih lebih malam. Sepi dan bingung aja mau kemana. Diam diam di hotel juga bosen. Untung teman yang warga lokal rekomendasikan tempat wedangan yang asyik. Dan unik!!! Wedang ronde buah!!! Nah lho, wedang ronde kok pake buah. Biasanya kan cuman kacang, kolang kaling, ama biji salak. Dicampur buah apa rasanya. Penasaran, kita coba dong ya. Lokasinya deket alun-alun, persis di pojok rumah sakit daerah. Kecil aja warungnya tipe kaki limaan. Tapi yang antri…banyak bangettttt..

Wedang ronde buah Pak Yanto. Kurang sip nih gambarnya karena lupa stel kameranya๐Ÿ˜ฆ

Kita bingung mau milih menu. Banyak pilihan dan ga punya bayangan akan seperti apa bentuk dan rasanya. Sempat tanya ke mba-mba. Pesan apa? Rasanya gimana? Ga punya ekspektasi, akhirnya pilih wedang ronde buah durian yang spesial. Isinya: buah serutan ga tahu apa, kelengkeng, alpokat, durian, perasan jeruk nipis, coffemix seiprit, gooday cappucino seiprit, susu kental manis, tape ketan (pilihan), air jahe panas. Pas lihat buatnya, aduh…rasanya kayak apa nih. Mana tampilannya juga ga karu-karuan, sangat tidak mengguggah selera. Jangan jangan eneg.

tampilan wedang ronde duriannya ga meyakinkan. tapi rasanyaaaa…..nom nom๐Ÿ˜›

Habissss๐Ÿ˜€

Begitu di coba…..mantappppp….nom nom… Ga berasa eneg. Ga kemanisan. Pedasnya dapat. Segarnya dapat. Dua jempol buat menu ajaib ini. Manis duriannya pas. Lihat kanan kiri, rata-rata duriannya 2 biji. Punya saya dong..4 biji…hehehe… Padahal ga minta. Memang yang jual sesuka hati masukin bahan-bahannya. Ga pakai takaran tapi bisa gitu wedangnya jadi enak bener. Terus si bapak, kasih penawarnya. Gelas kecil imut dikasih gula, perasan jeruk nipis, air jahe panas. Rasanya…..enak banget. Hangatnya langsung menjalar ke tubuh. Lebih hangat dari wedang ronde buahnya. Mana airnya ga dingin-dingin, padahal minumnya pelan pelan. Seharusnya kan cepat dingin ya. Udaranya kan dingin. Tapi ga tuh. Begitu isinya tinggal setengah, si bapak menawarkan resep rahasia lagi. Sisanya tadi dicampur air warna putih keruh. KIta tanya itu apa, dia senyum senyum aja. Pas dicoba….segerrrr…dan panasnya hilang. Sekali glek langsung tandas. Ternyata air kelapa muda yang dicampurin. Jadinya wedang jahe kopyor. Kreatif banget. Harganya murah aja. 6000 untuk wedang ronde buah. Karena kita dikasi menu macem macem, tambah 4000. Worth it lah untuk menu seenak itu๐Ÿ˜€.

Sempat ngobrol ngobrol dengan yang jual. Pak Yanto namanya. Orangnya kecil, kecil, kurus, tapi gesit. Ga mau ngaku kapan mulai usahanya dan gimana caranya bisa nemu ide wedang unik. Tapi mau berbagi resep. Rahasianya di jahenya. Jahe merah pilihan yang sudah tua. Rasa pedasnya lebih nendang dan minyaknya lebih banyak katanya. Gulanya pun ga boleh asal. Harus gula aren karena warnanya ga terlalu merah dan lebih berkhasiat dibanding gula pasir atau gula merah/gula jawa. Sedikit tambahan cengkeh dan sereh. Hebat banget si bapak mau berbagi. Ga takut kalau dapat saingan.

Untungnya di Jogja juga ada cabangnya. Jadi ga perlu jauh jauh ke banjar ย Asyiiiikkkk…

5 thoughts on “Wedang Ronde Durian…Nom Nom

  1. rans

    ah…aku suka ronde di alun-alun purworejo…lesehan, tentang aku, ronde, dan dia…kapan lagi ya bisa minum ronde bareng lagi

    Reply
    1. mebigina Post author

      persisnya ga tahu, si bapak kasih ancer ancer di deket galeria mall/bethesda. ntar deh ya kita muter muter cari. adanya cuman malem๐Ÿ˜€

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s