Pramex Reschedule

Beberapa minggu ini, suasana di Pramex ga nyaman. Kasak kusuk. Awalnya cuman bisik bisik, lanjut komen komen, akhirnya jadi ngomel ngomel. Hawanya jadi panas. Padahal lagi musim bedinding….dingiiiiiinnn. Sebabnya….ada isu ga enak menjelang Ramadhan. Yup, jadwal Pramex akan berubah. Lebih tepatnya, ada jadwal yang dihilangkan selama beberapa waktu. Tepatnya lagi, selama Ramadhan ada 4 jadwal penting Pramex yang ditiadakan. Dan jadwal yang dihilangkan itu adalaaaahhh….jadwal jam berangkat dan pulang ngantor!!!! Dimana, 2 dari jadwal itu, Pramex penuhnya jangan ditanya!!! Jadwal paginya jam 06.30 untuk tujuan Solo-Jogja dan 05.15 tujuan Jogja-Solo. ย Jadwal sorenya jam 17.30 untuk tujuan Jogja-Solo dan ย 19.35 untuk tujuan Jogja-Solo!!! Ga bener deh ni isu.

Siapa pun yang nyebarin isu. Biasanya 99% bener. Pasti kejadian. Dan emang bener. Sudah ada beritanya di Solopos. Walau bilangnya hanya selama Ramadhan, kita ga pernah percaya dong. KAI serba ga jelas kasih informasi dan sering ga nepatin janji. Seperti informasi berbulan-bulan yang lalu. Ada ย 2 jadwal yang ditiadakan selama 3 bulan dengan alasan lagi maintenance keretanya. Nyatanya, dah lebih dari 3 bulan tuh jadwal ga diadakan lagi. Dan kita ga 100% percaya dong, mereka bilang ditiadakan hanya selama Ramadhan.

Kok ga mikir gitu ya. Ga usah deh pake riset-riset buat dasar penghilangan jadwal penting itu. Dilihat dari perspektif mana pun sangat ga masuk akal. Jam 06.30 kan pas banget buat berangkat kerja. Kitanya ga kepagian naik kereta. Sampai di Jogja pun pas, ga telat ngantor. Di rumah masih sempat ngurus keperluan keluarga. Yang mau nyiapan sarapan keluarga, nganter anak sekolah, beberes rumah. Lumayan banget kan. Ga buru-buru ke stasiun. Apalagi pas Ramadhan ntar. Masih sempet molor dikit. Ga enak soalnya tidur di kereta. Sampai di tempat mukanya lecek, ileran, dan suka ga semangat kerja. Ga tidur pun kadang suka ga semangat…hehehehe. Sebenernya masih mendingan yang dari Solo. Teman-teman komuter dari Jogja lebih susah lagi. Berkali kali mereka dapat jadwal yang ga nyaman. Yang sekarang aja, jadwal 05.15 sudah ga nyaman (itu baru berlaku sekitar 4 bulanan, setelah penyesuaian). Sekarang malah ditiadakan. Bukti nyata KAI ga pake logika pas buat tuh jadwal. Jam 05.15 kan kepagian, jelas aja penumpangnya tidak terlalu banyak (akhir-akhir ini aja yang banyakan). Bagusan jadwal yang kemarin.

Ga ngerti dah maunya KAI. Apa penumpangnya dialihin naik kereta eksekutif yang 20ribu itu apa ya. Kan jadwalnya hampir sama tuh. Duh, sungguh teramat sangat tidak menyenangkan sekali dan sangat sangat mendzolimi. Pulang pergi udah 40ribu. Kali 20 hari udah 800ribu. Belum transport dalam kota. Satu juta cuman buat transport kerja. Lha terus buat kebutuhan sehari-hari, nabung, ama hang out gimana dong?? Mana kereta eksekutif udah ga nyaman lagi. KAI ga komit dengan kebijakan yang dibuat. Walaupun trayek pendek seharusnya ga boleh jual tiket berdiri kan untuk kereta eksekutif dong. Awalnya ga jual tiket kalau kursi udah habis. Tapi sekarang dijualin sampai sesak bin pengap dalam kereta. Alasan KAI selalu merugi juga ga bisa kita pegang karena temen-temen komuter pernah minta KAI untuk transparan neraca laba rugi, ga mau tuh. Aneh. Apa perlu disodorin UU KIP yah. Ntar ngeles lagi, itu informasi yang kita kecualikan. Idiiiii….

Yang bikin saya makin miris. Ada temen komuter yang sempet diskusi ama pegawai KAI tentang isu ini. Banyak pegawai KAI yang ikutan nglaju dan bisa kita lihat dari seragamnya. Kata pegawainya “Kalau jadwal ini ga ada, trus saya naik apa ya??”. Pertanyaan yang aneh dan bikin yang denger sebel banget. Dijawab dong ama temen, “Lha, jenengan yang pegawai KAI aja bingung apalagi saya. Jenengan bisa naek kereta apa aja gratis tis….Lha saya????”

Mudah-mudahan jadwal ga nyaman ini ga bertahan lama. Moga beneran maintenance. Teknisinya rajin rajin. Cepet selesainya. Moga KAI sadar, walau perusahaan monopoli, konsumen tetap nomor 1. Moga rencana peluang untuk pemain swasta beneran ada. Jadi konsumen bisa pilih pilih jasa layanan. KAI mau berubah totalitas. Moga tarifnya ga naik lagi (mahal bener dah tarif Pramex ni). Moga KAI ga nambah-nambahi beban pelanggan setia. Amiiinnnn…. Kalau ga, siap-siap ngebis lagi. Hiks…๐Ÿ˜ฆ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s