Benar Benar Bismillah

diambil dari w3.wiwikbudiawan.wordpress.com

Kadang obrolan ngalor ngidul, yang awalnya hanya iseng, bisa tiba-tiba sangat menohok. Tanpa disadari.  Mengingatkan kita untuk mengevaluasi diri.

Awalnya hanya iseng saja melihat status YM seorang teman (yang jarang saya sapa). Statusnya cepat sekali berganti-ganti. Kelihatan kalau lagi ada masalah. Saya tipikal tidak suka basa-basi,langsung to the point aja tanya. Basa basi dikit ding, tanya kabar dulu (yang basi banget…hehehe).

(O,O) :  pa kabar? lg ada masalah y, statusnya ganti2. moga dimudahkan yaaa

(^ ; ^) :  …jadi maluu…lagi capek aja kali ya

(O,O) :  setiap rencana Allah pasti baik buat kita ya..(ga pake mikir ngomong gini,  kek yang tahu aja😛 )

(^ ; ^) :  iya, masalahnya, apkh aq benar dlm memutuskanya, pussinggg

(O,O) :  *bengong,…tiba-tiba teringat sesuatu*

(^ ; ^) :  bismillah aja, sdg hrs dijalani

(O,O) :   iya,bismillah *spechless….*

Yaaa…saya ga kasih solusi apa pun ke dia. Dan tidak menanyakan apa masalahnya. Yang menjadi point of interest saya adalah pertanyaan ” apkh aq benar dlm memutuskanya“. Sangat menohok. Saya pun juga bertanya-tanya, apakah keputusan yang saya ambil benar??

Kita pasti sering mengambil keputusan dalam hidup, dari yang remeh temeh sampai yang njlimet bin musingin. Kalau masalah remeh temeh sih, tidak terlalu bikin risau. Tapi yang kalau njlimet….kadang kita tidak yakin apa keputusan yang kita ambil ini benar? Apa keputusan yang kita ambil ini tepat? Benar menurut siapa? Tepat menurut siapa?

Saya pernah coba menjalankan tipsnya Ajahn Brahmn (penulis Cacing dan Kotorang Kesayangannya). Ketika dihadapkan pada persimpangan, saat tidak tahu harus mengarah kemana. Cobalah berhenti sejenak. Minum-minum teh….tidak memikirkan apa pun. Tidak memikirkan jalan mana yang akan diambil. Dan mungkin tanpa kita minta, tanpa kita sadari, inspirasi akan datang. Petunjuk jalan mana yang akan ditempuh akan muncul. Saya pernah coba itu, dan sukses….hehehe…alhamdulillah… Masalahnya, persimpangan yang akan ditemui banyak bangeeeettt…. Ada saat, kita mentok. Maju ga bisa. Mundur ga bisa. Kalau lama-lama minum teh nunggu inspirasi, bisa kembung juga nih perut…😦. Mau tidak mau, keputusan harus diambil.  Ketika sudah ketok palu, keputusan ini!!!  Terbersit rasa sangsi, ga yakin…benar ga nih keputusan.

Mengambil keputusan seperti memilih banyak kotak hitam. Tidak tahu isinya apa. Kita tidak tahu keputusan yang diambil akan membawa kita pada masa depan yang seperti apa. Ketika saya merasa sangsi dengan keputusan yang saya ambil, bertanya-tanya sepanjang hari….saya sadar, ternyata saya tidak ikhlas dengan rencana Sang Pencipta. Saya merasa ragu pada-Nya. Bismillah hanya terucap di lisan, bukan di hati. Tidak ridho dan pasrah dengan rencana yang telah Ia siapkan. Jadi pertanyaan  ” apkh aq benar dlm memutuskanya“, tidak perlu muncul lagi saat kita totalitas tawakal. Walau sulit harus ditekadkan

Beneran bismillah….fuiiiihhh…

Leave a Reply

