Tuhan Pun Bersabar

Tuhan bersabar? Bagaimana mungkin Dia bersabar, sedangkan Dia yang meminta kita untuk bersabar. Karena kita memang makhluk yang ga sabaran. Cepat mengeluh. Cepat pula putus asa. Cepat-cepat ingin dikabulkan.  Kita adalah makhluk instan, yang ogah berlama-lama menunggu. Enggan berusaha, apalagi kalau butuh usaha berkali-kali lipat. Kita ingin……zebbbbbb…..semua keinginan terwujud saat itu juga.

 

 

Tapi Tuhan bersabar mengajarkan kita bersabar. Kesabaran adalah sebuah proses pembentukan diri tanpa henti, bahkan sampai hari akhir pun.

Jejak-jejak kesabaran Tuhan terlihat jelas di alam. Tanpa sadar, kita sering melewatkannya. Dinding tebing setinggi 5 m di sepanjang Pantai Padang-Padang, hanyalah satu dari jutaan jejak kesabaran yang Tuhan tinggalkan. Perkara kecil bagiNya, untuk membuat relief indah di tebing, memunculkan gradasi warna yang menawan, meninggalkan ceruk yang dalam, menyisakan sebongkah karang untuk dinikmati.  Tapi Tuhan tidak ….zebbb…menciptkan itu seketika. Butuh waktu jutaan tahun untuk memerintahkan air laut menggerus karang sedikit demi sedikit. Butuh jutaan tahun untuk mengikis kerasnya karang.

Dan ketika kita sudah bisa menikmati alam yang begitu menakjubkan, Tuhan tidak berhenti menyuruh air laut menghempas karang. Tuhan tidak berhenti melukis pesonaNya di alam. Tuhan bersabar mencipta. Ketika kita datang 2 tahun lagi, 10 tahun lagi, 50 tahun lagi, atau keturunan kita datang. Akan tampak lukisan yang berbeda, semakin indah, sepanjang kita sabar menunggu. Sepanjang kita sabar memelihara. Lukisan alam yang akan kita lihat, akan semakin indah.

 

Tuhan mengajarkan kita bersabar, karena Ia pun bersabar. Karena sabar bukan sifat yang melekat, tapi proses tiada henti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s