DSC01433

Left? Right? Who Knows??

Bajaj, satu-satunya yang bikin saya terkesan sekaligus ngangeni. Jakarta tanpa bajaj, seperti Jakarta tanpa Monas.

Semakin sering ke Jakarta, semakin sering pula saya bercinta dengan bajaj. Taksi di Jakarta bagi saya terlalu luxurious. Terpaksa naik kalau tidak tahu jalan. Saya sangat menikmati naik bajaj. Walau berisiknya ga karu-karuan. Jalannya yang bikin spot jantung. Asap kendaran lain selalu masuk. Dan serba ketidaknyamanan lainnya, bajaj tetap bikin saya cinta.

Tawar menawar

Setiap naik bajaj, rasanya ga afdhal kalau ga nawar meski kita tahu tarif “biasanya”. Kadang saya suka geli lihat teman yang nawar sampai ogah rugi. Seorang teman yang hapal bajaj, hampir selalu tahu tarif bajaj dari dan ke titik tertentu. Meski sudah ditawar, tarif yang berlaku nyaris serupa, 10.000. Pembukaan pertama 15.000. Walau ngotot nawar di bawah 10ribu tetep sepakatnya di titik aman 10. lama-lama jauh dekat bisa-bisa 10ribu nih.

Left? Right? Who knows?

Kita tidak pernah tahu kapan belok kiri, belok kanan, bahkan berbalik arah. Spot jantung ga hanya untuk pengendara lain tapi juga penumpang di dalam. Only driver and God who know when it turn!!! Tiba-tiba belok kanan. Tiba-tiba belok kiri. Sekalinya belok, tiba-tiba dari arah berlawanan muncul mobil. Huaaaa…gimana ga kaget. Tapi si abang cuek aja. Heran. Sekali waktu, saya pernah naik bajaj yang supirnya dah tua. Di perempatan kena lampu merah. Si bapak langsung belok kiri.  Tanpa aba-aba langsung balik arah lanjut belok kanan. Padahal di depan ada mobil kenceng. Wuihhhh….untung selamat.

Miring kanan

Lama-lama saya perhatikan. Hampir semua abang bajaj selalu duduk miring ke kanan. Kenapa ya???

miring kanan baaannnngggg!!!!

Abang-abang hingga Kakek-kakek

Semakin tua semakin lihai. Saya pikir pengemudi yang sudah sepuh akan lebih berhati-hati. Ternyata jauh lebih parah. Saking berpengalamannya. So, age isn’t guarantee your safety.

Bagaimanapun…lebih enak naek becak…hehehehehe

Leave a Reply

