Pengalaman Pertama Kopdar Komunitas Blogger

Kopdar Komunitas Blogger

Selalu ada pengalaman pertama. Dan rasa deg-deg-an selalu menerpa saya di pengalaman pertama. Bercampur rasa excited, penasaran, pingin tahu seperti apa sih, dan ekspektasi yang terkadang terlampau tinggi. Begitu tidak sesuai harapan, kadang dongkol…tapi lebih sering enjoy aja…hehehehe.

Belum lama ini saya gabung di komunitas Blogger Bengawan. Awalnya komunitas ini ditujukan bagi warga Solo Raya untuk  menyatukan yang terserak di belahan bumi manapun. Akhirnya berkembang luas, siapa aja boleh gabung. Nah, tanggal 5-6 Juni kemarin, dijadwalkan kopdar Komunitas Bengawan bareng komunitas blogger lain dengan tajuk SOLO (Sharing Online Lan Offline). Ga mau ketinggalan, daftar dong saya. Baru kali ini ikut komunitas, baru kali ini pula kopdar komunitas.

Terus terang saya jarang nge-floor. Hanya liat pada ngomongin apa sih. Tema apa yang lagi hits. Siapa aja sih yang aktif di komunitas. Tak lupa blogwalking ke sesama komunitas,  kenalan dan ninggalin jejak. Beberapa blogger saya tandai. Saya inget-inget…yang namanya ini blognya ini. Syukur-syukur kalo pada pasang pic di blognya. Mencoba merekam rupa temen-temen dengan otak tua saya. Senengnya kalo pic mereka unik, jadi langung ke-inget nama atau panggilannya di dunia online.

Singkat kata, sabtu saya siap-siap berangkat. Di otak tua saya, acaranya di Grha Wisata Niaga Solo. Cek lagi di website-nya dengan terburu-buru…kok ga ada info tempat ya. Sutralah…meluncur. Sampai di TKP, lha kok sepi nyenyet. Tanya satpam, bukan disini mbak…tapi di Grha Solo Raya, Gladag. Lha…di mana ya. Nunggu bis lagi 20  menit (heran, bis jalur A dikit banget armadanya…jadi lama nunggunya). Saya tidak tahu dimana Graha Solo Raya, perkiraan saya di Balaikota Solo. Maka turunlah saya disana. Ya ampun, salah lagi. Hubungin temen buat ngecek di website, katanya di Wisma Seni UNS…halah…jauhnya… Jadi males. Akhirnya saya putuskan jalan kaki ke alun-alun cari becak. Mending jalan-jalan aja deh. Dasar jodoh, ketemu gedungnya Grha Solo Raya. Oalaaahhh…ini tho (dasar udik, ngaku orang Solo tapi ga tahu….hehehehe). Dulu bangunan ini mangkrak, sekarang dialihfungsikan. Lokasinya persis di depan Hotel Grand Premier bekas Bank yang terbakar karena kerusuhan 1998 lalu. Persis di sisi gerbang masuk alun-alun utara. Ai yay yay…. Sorak-sorak bergembira…hehhehe

Saya belum mengenal dan bertemu satu pun anggota komunitas. Nanti sajalah ketemu dan berkenalannya pas kopdar. Begitu masuk…. I feel like an alien… Seperti penyusup yang masuk ke markas besar tentara Vietkong. Clingak clinguk…ga kenal sapa-sapa. Eh liat mbak-mbak bergerombol, gabung sana aja ahhh…. “Mbak-mbak, boleh ikutan nimbrung gaaa???” *pasang senyum manissss bangeetttt*. Kenalan-kenalan, tanya dari mana, blognya apa. Ternyata mbak tiga orang ini bukan dari komunitas Bengawan, satu dari Jakarta, satu dari Surabaya, satu ga tahu darimana – ga ngaku. Setelah itu mereka ngobrol tentang orang ini itu yang saya ga kenal. Senyum senyum aja. Dicuekin…hiks…

Tiba-tiba datang mas-mas, mereka teriakin namanya “D**** ….” Heh!!! Saya langsung tersentak…keknya familiar dengan nama itu. Saya perhatiin mukanya. Eh bener…mas-nya termasuk orang saya hapal karena termasuk golongan ber-pic unik dan nama unik yang mudah terekam. Pernah saya kunjungin blog-nya dan dia pun pernah ngunjungin blog saya. Langsung saya ajak kenalan. Lha, responnya tidak seperti diharapkan. “Mmmm…Siapa ya? Blognya apa?” Trus diem……. Yah, kasian deh saya.  Setelah itu kembali mengobrolkan orang-orang yang tidak saya kenal dan tidak berniat untuk mengenalkan pada saya. Tiba-tiba si mbaknya berkata “Ini seperti reunian aja kok mbak…jadi kita dah pernah ketemuan dimana dimana, trus ketemu lagi” Ngerti kok… (sambil manyun). Merasa jengah. Bayangkan ada temu kangen (reunian) yang kita bukan komunitasnya kemudian datang kesana. Doh, ga nyaman. Walaupun kita berusaha untuk memperkenalkan diri dan berkenalan dengan orang lain. Membuka diri-lah. Tapi responnya tidak diharapkan. Akhirnya saya putuskan, keluar gedung, cari becak, jalan-jalan trus facial.

Tujuan membuat blog bagi kebanyakan blogger adalah untuk saling berbagi. Banyak dari blogger yang baru mulai nge-blog, belum tahu apa-apa, dan ingin mencari sekaligus berbagi informasi. Adanya temu secara online tidak sekedar menambah informasi tapi juga menambah pertemanan yang lebih erat dibanding Facebook (menurut saya). So, rasa-ranya pertemuan secara offline akan lebih bermakna jika dinilai secara luas bukan sekedar temu kangen (reunian). Banyak yang baru pertama kali, seperti saya…hehehehe. Ada baiknya kenalkanlah satu sama lain, jangan biarkan blogger baru tersesat di rimba yang benar….hehehe.  Seperti di dunia nyata saja, ketika kenalan dengan seseorang, kenalkanlah kembali dia dengan teman kita yang lain. Selain membantu dia, juga membantu kita mengenal dia lebih baik.

Bukan saya mengeluh tentang pengalaman saya kemarin. I feel enjoyed kok… Pelajaran aja buat saya, sebaiknya sebelum pertemuan besar semacan ini perlu prolog pertemuan kecil-kecil dulu untuk lingkup lokal. Sebenarnya kemarin ada  kopda imut-imut di kraton Solo. Sayang saya ga bisa datang.

Apa saya kapok ikuta komunitas? Ga lahhh….hehehehe…jadikan hikmah saja. Penting rasanya berkenalan dengan orang lain dan mengenalkannya pada teman kita atau orang lain yang juga baru kita kenal. Good for us, and good for them too….😀

Leave a Reply

